Cara membuat custom rom melalui file backup

 

Zon3-android akan memberikan suatu cara yang mungkin agan-agan inginkan ,akan tetapi bingung Cara membuat custom rom melalui file backup .Bagi yang pernah membongkar isi dari custom ROM pasti anda mengerti file-file didalam custom rom,anda akan mendapati 2 buah folder dan 1 buah file *img yakni sebagai berikut :

  1. META-INF
  2. System
  3. Boot.img

Berikut langkah membuat customROM melalui CWM (ClockWorkMod Recovery)

  1. Usahakan menggunakan StockROM original android, karena masih ori belum diberi tweak tweak tertentu untuk menghindari kegagalan atau bootlop,selanjutnya lakukan Backup rom kamu melalui fitur CWM
  2. Setelah selesai kalian cukup mengambil 2 file dari hasil backup tersebut yaitu “System.ext4.tar.a” dan “Boot.img
  3. Ubah “Sytem.ext4.tar.a” menjadi “System.ext4.tar” lalu ekstrak, dari sini kita sudah mendapatkan folder “System” dan file “Boot.img”
  4. Buka folder “System” tersebut dan masuk kedalam folder “App” silahkan kamu ganti Launcher default ROM tersebut menjadi Launcher yang kamu mau, kamu juga bisa menambahkan Aplikasi “Super User” atau “SuperSU” kedalam folder apps (Saya rekomendasikan SuperSU versi terbaru),, kalau kamu ahli kamu bisa mengedit “SystemUI.apk” untuk merubah tampilan Status bar android, tapi kalau belum paham sebaiknya jgn mengedit “SystemUI.apk” karena bisa mengakibatkan Bootlop atau statusbar android menghilang..
  5. Kalau kamu cukup ahli kamu bisa mengedit file “Build.prop” untuk memasukkan beberapa tweak atau mengedit versi tanggal dibuat rom, nama rom, dan pembuat rom,,, tp kalau kamu kurang ahli sebaiknya jgn mengedit file ini, oke cukup dilewati langkah ini, karena bila salah bisa mengakibatkan bootlop, atau fungsi aplikasi lain terganggu..
  6. Masuk ke folder “Media” untuk mengubah boot android, tinggal mengganti “Bootanimation.zip” dan “shutdownanimation.zip” untuk gambar boot samakan ukuran size gambar nya dgn gambar boot defaultnya,, setelah itu masuk ke folder “Audio” untuk mengubah sound boot (Nama file sound berbeda beda sesuai tipe hape tertentu dalam kasus di hp saya namanya “Shutdown.ogg” dan “Open.ogg”)
  7. Sekarang tinggal mendapatkan folder “META-INF” , kamu cukup mengambil folder “META-INF” dari customROM orang lain yang sudah jadi,, untuk mengedit kata kata yang akan muncul pada CWM saat penginstalan ROMs (seperti kata kata rom ini dibuat oleh siapa, terima kasih kpd siapa dll, terserah kamu) untuk mengeditnya silahkan edit file “Updater-script” ubah dahulu ekstensi file tersebut menjadi *txt dan setelah selesai pengeditan ubah kembali ekstensi file menjadi seperti semula,, kalian juga bisa mengedit “updater-script” menggunakan Aplikasi “CustomROM maker”..
  8. Sampai disini kalian sudah mendapatkan 3 file yakni
  • META-INF (Dari CustomROM orang lain yang sudah jadi)
  • System (Dari backup CWM hasil ekstrak file “System.ext4.tar.a”)
  • Boot.img (Dari backup CWM)

Silahkan compress ketiga file diatas menjadi *Zip, ingat zip bukan rar ya, bila pada saat pengkompresan file menjadi zip ada notifikasi eror dari winrar tidak apa2 lanjutkan saja, karena itu biasanya ada file yang berupa text kosong atau file size 0kb, jd itu cuma sekedar notifikasi dari winrar bahwa ada file dengan size 0kb yang ikut terkompresi.. setelah selesai dan untuk percobaan silahkan kalian install customROM buatan kalian di HP milik kalian melalui CWM, semoga berhasil

 

PENTING! :
Lakukan selalu backup android via CWM agar bila terjadi bootlop kalian bisa merestore system kembali,, Trik ini tidak akan membuat Android hardbrick ataupun Softbrick,, kalaupun gagal cuma membuat Android anda bootlop itupun masih bisa di kembalikan dengan restore backup via CWM, sejauh ini saya bereksperiment aman aman saja, lakukan dengan hati hati dan DWYOR!! (Do with Your Own risk)

 

 

Cara membuat custom rom melalui file backup | romankyuu | 4.5 | 1130
Waktu Proses: 68 data (0.794 detik)