Cara Flashing Menggunakan Sp-Flashtool Dan Gambar

Cara Flashing Menggunakan Sp-Flashtool Dan Gambar – Flashing merupakan proses instalasi ulang sistem operasi android. Dalam beberapa kasus tertentu yang sering terjadi pada smartphone android seperti aplikasi hang, sistem tidak berjalan dengan benar, mati total, terserang virus, bootloop, dan lain-lain, flashing dibutuhkan untuk memperbaiki dan mengembalikan sistem seperti sediakala. Agar smartphone bisa berjalan kembali dengan lancar. Sebenarnya, flashing tidak hanya dibutuhkan untuk memperbaiki sistem saja. Namun flashing juga bisa dilakukan untuk meng-upgrade sistem operasi android ke versi yang paling baru. Melakukan flashing bisa dengan meminta bantuan dari tukang service khusus smartphone android, atau anda bisa melakukannya sendiri di rumah.
Flashing cukup mudah untuk dilakukan asalkan sudah mengikuti prosedur dengan benar. Nah, sebelum melakukan proses flashing pada smartphone android, persiapkanlah terlebih dahulu beberapa hal di bawah ini :

  1. Software SP Flash Tool yang di download dan disimpan di komputer.
  2. Driver USB yang sudah terinstall di komputer. Sesuaikan dengan versi dan tipe smartphone yang anda miliki.
  3. Firmware yang sesuaidengantipe smartphone anda. Sebaiknyaandamendownloadnya di situsresmimerk smartphone anda masing-masing.
  4. Kabel USB dan smartphone yang akan di flashing.
  5. Satu hal terpenting yang harus andai ingat sebelum melakukan flashing adalah mem-backup semua data-data pentingan data terrlebih dahulu. Backup lah data-data anda yang disimpan di memori internal. Apabila anda memiliki data di memori external, maka tidak masalah. Karena data-data anda hanya akan hilang di memori internal saja. Sedangkan di memori external tidak.
    Ketika semuahal-hal yang dibutuhkan sudah anda persiapkan dengan benar, anda bisa memulai untuk proses flashing menggunakan sp-flashtool via dangan gambar ini. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini dengan seksama :

    • Ekstraksemua file-file yang anda download tadidan install pada komputer anda.
    • Jangan lupa untuk menginstall driver USB anda agar komputer bisa mendeteksi smartphone anda.
    • Jalankan program SP Flassh Tool.exe pada komputer anda.Cara Flashing Menggunakan Sp-Flashtool Dan Gambar
  6. Klik “Scatter-Loading” dana akan muncul kotak dialog pencarian file.memasukan file firmware via flashtool
  7. Dalam folder firmware yang sudah anda download dan ekstrak tadi, carilah file “MTXXX_Android_scatter”, kemudianklik “Open”.Cara flashing via flashtool
  8. Setelah berhasil terbuka, mulailah proses download. Klik tombol “Download” pada bagian atas file yang sudah dibuka tadi. Proses download akan berjalan.
  9. Ambil smartphone android anda. Matikan.
  10. Kemudian colokkan kabel USB smartphone anda untuk menghubungkannya dengan komputer. Tunggu hingga smartphone benar-benar terhubung dengan komputer.
  11. Jika terinstall dengan benar, maka secara otomatis, smartphone android akan terhubung keaplikasi SP Flashtool. Dalam beberapa kasus, terkadang smartphone harus ditekan dulu tombol vol atas atau down agar bisa tersambung. Hal ini tergantung pada merk dan tipe smartphone yang dimiliki.
  12. Proses download akan tetap berjalan. Dan jika berhasil, akan di tandai dengan tanda hijau pada aplikasi. Kemudia nakan muncul notofikasi OK pada aplikasi yang menandakan bahwa proses download sudah berjalan dengan baik dan selesai.Cara Flashing Menggunakan Sp-Flashtool Dan Gambar

Nah, itulah cara melakukan flashing pada smartphone android anda. Apabila smartphone anda memiliki masalah tertentu, anda bisa menggunakan cara flashing untuk mengembalikan sistem pada smartphone anda seperti sediakala. Perlu diingat bahwa, proses flashing ini bukan benar-benar memperbaiki masalah pada smartphone anda,jadi jika smartphone mengalami kerusakan yang cukup serius seperti rusaknya LCD atau tombol volume tidak berfungsi, dan lain-lain, cara flashing tidak bisa di terapkan.

Hanya saja jika smartphone memiliki masalah pada sistem operasi, maka perlu dilakukan instalasi ulang untuk menghapus semua data-data pada memori internal yang dimana memungkinkan untuk tersimpan virus-virus yang berpotensi merusak sistem pada smartphone. Apabila anda gagal dalam melakukan proses flashing, cobalah untuk mengecek kembali langkah-langkah apa saja yang sekiranya anda lupakan dan tidak dikerjakan.

Selamat datang di zon3-android.net, semua artikel tentang flashing android dan games saya bagikan ada disini. Jika ada link rusak sobat bisa langsung tinggalkan pesan melalui facebook. disini

Cara Flashing Menggunakan Sp-Flashtool Dan Gambar |romankyuu |4.5 | 144
Waktu Proses: 97 data (1.381 detik)