Jangan Lakukan Ini Saat Charge Handphone

Jangan Lakukan Ini Saat Charge Handphone Anda mungkin adalah salah satu dari banyak orang yang hampir tidak pernah berada dalam jarak jauh dan terpisah dalam waktu yang lama dengan smartphone anda. Bagi anda yang hampir selalu berada di dekat smartphone, waktu pengisian daya baterai bisa menjadi waktu yang membosankan. Akan tetapi, sebaiknya anda tetap harus bersabar dan tidak tergoda untuk menggunakan smartphone anda saat melakukan pengisian daya. Dengan begitu, kualitas baterai smartphone anda dapat bertahan lebih lama dan masa pakainya tidak habis dengan sangat cepat.

Memiliki baterai yang bocor atau cepat boros tentu saja menyebalkan bukan? Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan saat melakukan pengisian daya baterai smartphone agar baterai anda tidak cepat bocor. Berikut Tips Saat Charge Handphone

 

1. Jangan tunggu hingga 0%

Setiap baterai memiliki batasan charge cycle atau jumlah maksimal baterai tersebut dapat di-isi daya sebelum performanya menurun. Kebiasaan menggunakan smartphone hingga baterai mencapai nol persen dapat menurunkan performa baterai dengan lebih cepat.

Pada umumnya, sebuah baterai memiliki charge cycle sebanyak 1000 hingga 2500 kali apabila anda mengisi daya baterai sebelum baterai mencapai 25%. Charge cycle ini dapat berkurang hingga 300 – 500  saja jika anda sering membiarkan smartphone anda mati kehabisan baterai, atau membiarkan baterai hingga tersisa 0%. Karena itu, sebaiknya anda mengisi daya smartphone anda ketika indikator baterai telah menunjukkan sisa baterai sekitar 30%.

 

2. Jangan charge HP semalaman

Mungkin anda berpikir dengan mengisi daya smartphone anda semalaman, anda akan terbangun saat smartphone and aterisi penuh dan dapat langsung menggunakannya. Namun, cara ini ternyata dapat membuat baterai smartphone anda cepat menurun kualitasnya karena kelebihan kapasitas. Beberapa baterai bahkan bisa meledak karenanya. Jadi, cobalah untuk mengisi daya smartphone anda pada waktu yang tepat. Sehingga anda dapat mencabutnya begitu smartphone anda telah terisi daya hingga penuh.

 

3. Jangan menggunakan charger bajakan

Entah karena harga charger asli yang cukup tinggi, atau karena charger asli anda rusak dan anda belum sempat membelinya lagi, maka anda terpaksa menggunakan charger bajakan. Akan tetapi, hal ini ternyata dapat membuat baterai smartphone anda cepat rusak. Charger bajakan biasanya tidak memiliki kualitas yang terjamin. Selain itu, output yang dihasilkan oleh charger bajakan seringkali tidak stabil dan berbeda dengan apa yang tertulis di charger tersebut. Misalnya saja, meskipun tertulis bahwa output charger tersebut sebesar 2A, namun pada faktanya output yang dihasilkan bisa di bawah 2A.

 

4. Jangan charge Handphone di atas kasur atau permukaan yang empuk

Meletakkan smartphone anda di kasur, bantal, kursi, atau permukaan empuk lainnya sebenarnya dapat berdampak buruk pada baterai smartphone tersebut. Meletakkan smartphone di permukaan yang empuk sambil mengisi daya dapat menyebabkan smartphone anda menjadi panas. Panas yang berlebih dapat membuat komponen di dalam smartphone anda menjadi rusak atau terganggu sehingga dapat mengurangi usia pakai smartphone anda. Sebaiknya anda meletakkan smartphone anda di tempat yang keras seperti lantai atau meja saat melakukan pengisian daya.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan jika anda ingin umur baterai smartphone anda bertahan lebih lama. Beberapa kebiasaan tersebut mungkin tanpa sadar sering anda lakukan. Dengan mengetahui hal yang tidak boleh dilakukan saat melakukan pengisian daya smartphone ini, semoga anda dapat mengubah kebiasaan anda yang dapat memperpendek usia pakai baterai dan smartphone anda ya. Semoga membantu.

Selamat datang di zon3-android.net, semua artikel tentang flashing android dan games saya bagikan ada disini. Jika ada link rusak sobat bisa langsung tinggalkan pesan melalui facebook. disini

Jangan Lakukan Ini Saat Charge Handphone | romankyuu | 4.5 | 289
Waktu Proses: 82 data (0.395 detik)